Avi bersama para kandidat doktor

Pleburan, dtap.undip.ac.id,- Sidang Promosi Doktor bidang Arsitektur dan Perkotaan FT Undip dilaksanakan di Gedung A Sekolah Pascasarjana Kampus Undip Pleburan pada Selasa (18/7/17). Promovenda yang merupakan dosen UNS Surakarta berhasil menyumbangkan temuan ilmiah sebagai khazanah teori.

Ruang hunian di Keraton Kasunanan Surakarta bagi Avi Marlina, punya ke-khasan tersendiri, karena pada ruang hunian tersebut terdapat kesenjangan antara teori atau konsep dengan empirik lapangan, sehingga diperlukan eksplorasi mendalam. Transformasi ruang profan-sakral yang dihuni kaum bangsawan dan abdi dalem, tidak bisa terlepas dari tiga hal, dhawuh (perintah), sak brayat (tradisi bermukim), dan sengkeran (pembatasan).

Dari temuan itulah pengkayaan teori yang terkait keruangan disumbangkan, diantaranya teori setting Rapoport, teori transformasi Habraken dan juga teori perilaku Laurens. Apresiasi luar biasa diberikan oleh Majelis Penguji yang terdiri dari Dekan/Ketua Sidang, Sekretaris Sidang, Promotor, Co-Promotor dan Co-Promotor 2, para Penguji Internal juga Prof Dr Ramli Rahim sebagai Penguji Eksternal dari Unhas Makasar. Dalam keputusan yang dibacakan oleh Dr Ir Atiek Suprapti, MT sebagai Sekretaris Sidang, menyatakan bahwa, Avi lulus cumlaude dengan IPK 3,87 melalui masa studi tiga tahun 10 bulan.